Thank God I Found You

Pagi-pagi jam 7-an. Sambil mengerjakan ritual harian setelah mandi (and by that, I mean : nonton gosip pagi di TV sambil nyetrika baju buat kerja..hehehe…), saya menulis SMS dari ponsel saya dengan perasaan cukup campur aduk. Tapi yang pasti, saya menuliskannya dengan perasaan campur aduk.

Guys,
Tepat hari ini setahun yang lalu..
Kta me’injakkan kaki di Gedung Kapal..
Started a 2,5 months of anger & happiness 🙂
Life seems so simple then, huh? Haha..
I’ll always remember every single moment with all of you ..

13 Maret 2006 , memang jadi hari pertama bagi 7 orang yang menurut saya paling beruntung saat itu. Dan bahkan hingga saat ini. Pertama kali menginjakkan kaki di sebuah gedung bernama Gedung Kapal di Jl.Borobudur, Menteng Jakarta. Masuk dalam sebuah ruangan dilantai paling atas gedung (yang memang cuma ada 1 tingkat doang sebenernya… hehehehe). Ruangan menyerupai kelas sebuah lembaga pendidikan lengkap dengan bangku-bangku kuliah, meja+proyektornya, whiteboard ukuran besar hingga kertas absensi! Yang membedakan dengan lembaga pendidikan asli, mungkin hanyalah tersedianya menu coffee break di pinggir ruangan! We called ourselves : student of LPK Borobudur.

Hari ini setahun lalu, cerita itu dimulai. Boleh dibilang, kedelapan anak itu sebenernya nggak ada yang tau pasti, apa yang akan mereka hadapi (dan dapatkan) saat itu. Ya, ngeri banget bahasanya ya. Tapi bener kok, semuanya dateng dengan alasan yang sama : “Yaa.. gue ditugasin kantor, gituu…”. Nggak ada yang ngira kalo minggu itu mereka akan diberi tugas untuk membuat kodok-kodoan dari kertas, yang kemudian diadu dalam sebuah Lomba Balap Kodok. Ih! Apa2an sih??
Nggak ada yang ngira juga, kalo minggu itu mereka diminta buat beraksi di hadapan sebuah Handycam, berakting seolah-olah menjadi atasan yang harus memecat anak buahnya. Ada yang aktingnya natural, ada yang sampe over acting saking semangatnya tampil di depan kamera. Hehehe. Masih ada lagi tugas aneh lainnya, seperti ketika harus mencari kemungkinan nama sebuah gambar yang menyerupai Piring Terbang, tapi sekaligus mirip dengan Tusuk Konde!

Well, Itu hanya sebagian kecil bagian dari kegiatan PERSONAL DEVELOPMENT yang diberikan oleh Iradat Konsultan. Dan itupun hanya 1 minggu dari 10 minggu “penderitaan” yang masih harus dihadapi oleh mereka, sebagai resiko menyanggupi diikutsertakan dalam PD Development Program 2006. Masih banyak pastinya (dan sungguh2 banyak!) materi lainnya yang didapat kami selama disana. Materi2 seputar Managerial, Broadcasting dll. Sampe mau muntah rasanya dijejeli segitu banyaknya materi. Tapi toh ternyata, menurut saya, diantara bejibunnya materi itu, ada satu ilmu yang membekas sekali. Dan ilmu itu ternyata tidak ada dan tidak tertulis didalam panduan Training. Ilmu itu adalah : UNDERSTANDING

8 orang. 2 Perempuan, 6 Laki-Laki dari kota yang berbeda-beda, dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda pula. Disatukan dalam satu ruang yang sama. Bahkan juga dalam rumah yang sama selama 2,5 bulan. Got the picture? Susah lho ternyata yang namanya hidup bersama tanpa ikatan pernikahan. Hehehe. Setiap hari ketemunya dengan orang yang sama. Bangun tidur, ketemu muka2 itu lagi. Mau tidur juga, secara kamarnya barengan. Jadi ya tidurnya barengan juga (kecuali yang ngoroknya akut, tau diri tidur sendiri di ruang belakang. Hehehe). Nggak heran kalau semakin lama, masing-masing makin bisa melihat satu sama lain secara utuh. The whole package, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya…

Berangkat ‘sekolah’ bareng2. Mampir nyari sarapan juga sama2. Ada yang rajin banget berangkat on time, ada yang belakangan. Yang duluan biasanya yang dapet jatah jadi Ketua Kelas, dan yang belakangan biasanya yang bangunnya siang, atau emang lama dandannya!). Pulangnya juga barengan lagi. Kemudian dimulailah aktifitas malam hari yang, yaa gimana yaaa.. itu ituuuu aja. Main Pingpong, terus giliran mandi, nyari makan malam (antara Ketoprak atau Nasi Goreng yang ada di sebelah rumah). Setelah itu, masuk ke acara nggosip2 ga jelas, mulai dari di ruang tengah hingga lokasinya berpindah ke tempat tidur. Gituu terus setiap hari.

Bosen?? Bukan bosen lagi. Udah sampai tahap PASRAH kayanya. Hehehe. Saking udah bosennya. Tapi ya begitulah, kenapa yang namanya kedekatan bisa bener-bener terjalin kuat. 2,5 bulan senasib-sepenanggungan. Gimana dong? Yang namanya gesekan2 pasti ada. Mulai dari singgungan masalah pribadi, ribut karena beda pemahaman, sampai gesekan2 di tempat tidur. Hehehe. Maklum, saking akrabnya, sampe pada suka maen tindihan di tempat tidur! Gitu juga yang namanya tangisan. Ada juga. Ada yang saking marah dan sedihnya, ada juga yang karena terlalu menghayati penampilan Elliot Yamin di American Idol! Dan namanya juga penyiar, hobi banget keluar yang namanya umpataan. Bisa jadi karena jengkel karena dapet tugas yang nyebelin, dapet pengajar yang terlalu narsis, Uang Perjalanan Dinas yang turunnya telat, atau yang karena emang dasarnya suka ngumpat dan nyolot aja. Hehehe.

“Anjrit!! Ini kita baru 3 minggu ya ternyata??!!”

“Mulih yok Deekk….. (pulang yuk, Dek)
“Ini kita bisa gila lho ini ….”

Tapi toh ternayta semua ‘penderitaan’ itu sekarang kaya nggak berbekas. Yang ada justru rasa kangen yang gede banget. Karena akhirnya kita ngerasa, bahwa salah satu pelajaran hidup yang cukup berat, sudah pernah kita pelajari. Bagaimana me-manage orang, bagaimana me-manage diri sendiri. 2 hal yang amit2 susahnya, tapi harus bisa dilakukan. Bagaimana sebuah ‘pengertian atas satu sama lain’ itu sangat penting buat dijadikan kebiasaan. Bagaimana segala macem pertengkaran dan masalah yang akhirnya terselesaikan di waktu itu, akhirnya jadi pengalaman yang berharga banget untuk kita, supaya lebih siap untuk menghadapi kehidupan ‘sebenarnya’ setelah masa training selesai. That we have to deal with people. Lots of people out there.

ada yang serius ke kerjaan, ada yang ke makanan!

Awan, Annas, Warman, Gading, Diyan, Iteng, Billy.. Kita memang oke! Hehehe.

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: