Stereotype

Hari ini teman saya Nona Iyan baru aja pulang dari Bali setelah 2 minggu lalu, dia jungkir balik ngeliput acara Global Warming Summit di Bali itu. Tentu saja saya (dan dia) nggak membahas masalah isi konferensi itu secara detail ya. Secara dia juga udah eneg luar biasa, dan saya pun juga ga peduli2 amat sama tu konferensi. Hehehe. Ya jadilah pagi tadi pembicaraan kita hanya seputar pernik2 konferensi yang jauh lebih menarik. Kurang lebih, beginilah cuplikan pembicaraan tidak penting antara kami berdua di meja pantry kantor, yang akhirnya menimbulkan sebuah ide untuk blog ini :

Nona Iyan : ……. jadi, waktu itu gue ikutan ngeliput acaranya Bu Ani SBY. Barengan sama Erna Witoelar juga, sama Meutia Hatta. Sumpah, tadinya gue males banget. Tapi secara udah di-agendain, ya udah.. ngikutlah gue. Loe tau ga yang dateng siapa.. Itu ibu2 yang dandan abis, yang rambutnya disasak tinggiii…Model2 ibu pejabat gitulah. Haduh, gue cuman bingung, “Ini ibu2 ga panas apa di Bali dandan kaya gitu.. Gue aja kalo boleh tank-top an, pasti bakal pake Tank-Top an doang…
Saya : Hahaha..
Nona Iyan : Terus, tau nggak. Disebelah gue dong, tau2 dateng ibu2. Model Ibu2 pejabat juga. Utuk…utuk.. utuk..utuk.. duduk disebelah gue. Terus dia nanya, “Adik dari mana?”. Ya gue jawab dong, gue dari radio FeMale. Terus dia bilang, “Oh.. besok adik ikut saya aja. Kita tanggal sekian mau ada semacam konferensi juga. Untuk perempuan. Terus gue tanya dong, “Oya? Tentang apa, Bu?”. Terus dia jawab, Ini.. temanya tentang ‘Perempuan dan Nuklir”
Saya : HUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
Nona Iyan : Tuh, loe aja ketawa. Gue? Mau ketawa kok agak nggak sopan kayanya ya.
Saya : Perempuan dan Nuklir??? Serius tuh…
Nona Iyan : Iya. Terus gue tanya lagi, “Emang yang mau disampaikan disitu apa?”
Saya : Trus?
Nona Iyan : Trus dia bilang, “Ohh..ya kami ingin memberikan pemahaman pada para perempuan, bahwa Nuklir itu tidak berbahaya……..”
Saya : HUAHAHAHAHAHA…. Iya, Nuklir itu nggak bahaya. Yang berbahaya itu Merkuri. Merkuri sama Hydroquinon yang sering dipakai di kosmetik….
Nona Iyan : HAHAHAHAHAHAH..
Saya : Ya ampun….
Nona Iyan : Then I was like, aduhh… ini ibu2 pejabat suka aneh-aneh emang ya. Pada bingung kali ya cari kegiatan, suaminya pada sibuk gitu..

Gitu dia, Boss.
Sampai disini, saya punya satu point yang ada di kepala. Yaitu : STEREOTYPE. Penggeneralisasian. Kenapa ya, perempuan kok diidentikkan (saya bilang : diidentikkan lho ya, bukan ‘identik’. Beda.) dengan hal2 yang remeh-temeh? I mean, kaya tadi aja. Waktu si Ibu2 itu bilang kalo mereka mau buat konferensi bertemakan “Perempuan & Nulir”, saya langsung ketawa ngakak. Yang ada dipikiran saya ya itu tadi, “Ngapain sih perempuan mikirin Nuklir?”. Padahal, loh… Emang kenapa? Emang gak boleh? Ada yang salah kalo perempuan peduli dengan Nuklir??

Ya bukannya aneh sih, tapi aneh aja. Lho? Maksudnya, kayanya emang udah jadi stereotype aja, kalo perempuan tuh ya ngurusinnya hal2 yang ‘standar’, seperti kesehatan ibu-anak-keluarga bla bla bla. Nuklir? Duileee.. jauh bener… Itu sama aja dengan stereotype yang bilang : perempuan itu kalo nyetir ngaco! Bikin sebel mobil2 dan motor2 yang dibelakangnya. Ngebut enggak, pelan enggak. Minggir enggak, di tengah juga enggak. Padahal kenyataannya, ya nggak semua lah. Sebagian besar saja. Huahahahahahha

Yang kedua, another stereotype : Ibu-ibu pejabat. Kenapa ya sering kali mereka diidentikkan dengan stereotype seperti itu? Rambut sasak tinggi – Jambul – Kipas2, dandan tebal dan kegiatan2 aneh. Saya sendiri sih sebenernya nggak setuju dengan stereotype ini, karena.. bukan apa2, ibu saya dulu juga ibu pejabat loh. Hehehe. Bersasak tinggi sih emang, tapi jutaan lain perempuan di Indonesia juga menerapkan sistem model rambut bersasak, bukan? Bukan hanya Ibu2 pejabat? Untuk urusan kipas, ibu saya juga mengoleksi beberapa jenis kipas lipat yang memang sering dipergunakannya. Ini wajar juga menurut saya, karena ya kalo hawanya lagi panas, masa mau kipasan pake koran?? Malu donng, kan istri pejabat! Hehehe. Atau mau kipas2 pake duit kertas?? Kok koyo abis bakulan. Hehehe. Untungnya, kegiatan2 yang ibu saya ikuti dan hadiri adalah kegiatan yang wajar, sewajar seorang istri yang memang harus sering menadmpingi suaminya menghadiri kegiatan2 pemerintahan. Ya itu sih setau saya. Tapi saya sangat yakin kalo Ibu saya nggak pernah menghadiri konferensi2 ajaib seperti yang diceritakan Nona Iyan barusan. Karena kalo iya, beliau pasti udah cerita sama saya. Hehehe.

Begitu banyak stereotype2 yang kita dengar (bahkan mungkin kita buat sendiri) selama ini. Buuanyakkk! Jaman dulu ketika masih jungkir balik ngeband di Kafe, udah jadi pakem yang sangat umum sekali, kalo (katanya) kalo vokalis cewek pasti identik cewek nakal yang bisa dipake. Dipake disini tentu bukan dipake untuk nyanyi ya.. hehehe. Sedangkan kalo vokalis cowoknya, pasti binan (dan bisa dipake juga!). A****g banget kan?? Terus anak2 band tuh identik dengan drugs dan alcohol. Aduh, kata siapa?? Anak2 band saya nggak ada tuh yang minum. Boro2 mabok, abis manggung biasanya malah pada minta disediain Pocari Sweat kok. Saya malah lebih sok lagi, mintanya disedian Susu Bear Brand! Sehat banget, kan?? Hahaha. Jangankan ngedrugs, di band saya yang ngerokok juga cuman 1-2 orang. So, saya pikir kita memang harus hati2 dalam menyikapi sebuah stereotype (hehehe.. oke banget ya bahasa saya).
Jangan menggeneralisasi.

Kata siapa, kalo penyiar itu orangya pasti ‘rame’? Saya engga tuh. Cuman kalo pas lagi nyacat aja, suka bikin rame. Rame2 pada pengen ngegebukin saya, maksudnya…. heheheh..
Ya sudah. Saya mau nerusin kerja lagi. Marii….

3 comments so far

  1. isna on

    tapi kenapa stereotype itu kebanyakan negatif? itu sangat merugikan… terutama untuk perempuan… HIDUP PEREMPUAN?!?! *loh?!?!*
    lam kenal mas ryu deka…
    masnya ini penyiar mana ya? kok kayakna namanya familiar…

  2. widya on

    bahasan yang unik!oke lho..tapi gak tahu ..jangan2 saya yang mengeneralisir ya…

  3. Anonymous on

    hahhaa..lucu..lucu..lucu abiezz… kebenaran lagi bosen di kampus, cari2 ttg stereotype.. g twnya dapet yg beginian.. jadi seger.. thx mas ganteng.. wekekeke…

    iya negh.. napa segh hidup qt teh slalu alwayz dihubungin ma yg namanya stereo… ups..jgn2 krn mas penyiar yagh..makanya suka dihubungi ma stereo…type… (walah..maksa bangett negh..).

    bdw n busway..lam kenal yagh mas..ngocol mas ganteng memang menunjukan stereo..type nya s’orang penyiar.. (hee..soalna sy dapet “label” yg sama negh mas…).

    ditunggu lagi mas stereo stereo yang lainnya yaw…mana tw ntar sy bisa “buat” stereo…type yg lain… (adush.. g maksud bangettt.. ;P )

    La – asli Indonesia


Leave a Reply

