Gunting Kuku-ku…

Saya pengen cerita tentang satu benda berbentuk kecil yang kita kenal dengan nama : Gunting Kuku.

gunting-kuku

Ya, gunting kuku. Semua orang pasti sudah kenal dengan benda yang satu ini. Dikenalkan sejak kita masih kecil, ketika kita bahkan masih belum bisa memakainya sendiri. Ketika orang tua atau guru masih rajinnya memotongkan kuku kita setiap seminggu sekali, sampai akhirnya kita bisa memakainya sendiri, bahkan sampai ketika kemudian sampai bisa menyuruh (atau lebih tepatnya : membayar! hehe) orang lain untuk memotongkan kuku kita di salon-salon itu, lengkap dengan serangkaian treatment lainnya yang dikenal dengan nama Manicure-Pedicure (bener kan ya gini tulisannya?).

Segitu pentingnya kah si gunting kuku ini, sampai-sampai jadi bahan cerita saya? Jawabannya jelas : IYA. Pertama, tentu saja kalau melihat fungsinya. Demi alasan kesehatan, memotong kuku memang dianjurkan. Dalam agama Islam, memotong/menggunting kuku itu malah hukumnya Sunnah dan sebaiknya dilakukan setiap hari Jumat ketika akan melaksanakan kewajiban Sholat Jumat. Jadi tentu saja, si gunting kuku ini jadi benda yang penting sekali keberadaannya. Karena, mau pakai apa lagi, coba? Gunting rambut? Bisa aja sih, tapi kok seperti agak ribet ya. Atau digigit-in? Hehehe.. Tidak anggun…

Alasan kenapa si gunting kuku ini begitu pentingnya buat saya, karena ternyata berkat benda yang satu inilah, saya sempat dibikin terkaget-kaget ketika mendapati fakta baha : I’m an unforgettable person! Huahahhaha… lebai! Jadi gini ceritanya..

Hari Senin 16 Maret lalu, untk pertama kalinya setelah 4 bulan cabut, saya secara official datang mengunjungi kantor lama saya, Female Radio di daerah Kotabaru.Kenapa saya bilang official, karena sebelum-sebelumnya sih pernah mampir kesana, tapi ya cuman mampir doang. Ngambil surat-surat tagihan di front desk (hahaha) yang masih nyasar terkirim kesana, abis itu kabur. Nah kali ini, saya bener-bener mengunjungi mereka untuk kangen-kangenan *halah*.

Sesampainya disana, yang terjadi ya standar dan normalnya orang temu kangen lah. Say hallo apa kabar, peluk cium pipi kanan kiri, dan ended up dengan pertanyaan pamungkas,

Trus truss… ada gosip apa disini??

Hehehe. Ternyata kata mereka, seperginya saya dari sana, mereka jarang lagi bergosip ria di kantor. Karena nggak ada lagi orang yang seru yang bisa diajak ngegossip selain saya. Ohhh… saya terharu sekali. Hahaha. Tapi yang membuat saya lebih terharu lagi adalah, ketika Mamat sang staff produksi tiba-tiba bilang,

“Wah mas.. kamu nggak ada, selesai aku, mas. Lha nggak ada lagi yang bisa ta’ pinjemin gunting kukunya….”

dengan nggak percaya, saya menjawab,

Masa sih?? Lah itu Nuri (front desk) bukannya punya juga??

dan langsung disambar dengan cepat oleh yang bersangkutan,

Lha wong aku itu aja dulu juga pinjem punya Mas Deka!

Oh…

Jadi selama 4 tahun saya mangkal di kantor itu, ya cuman saya doang yang punya gunting kuku?? Atau ada juga yang sebenarnyapunya, tapi diumpetin dan tidak dipinjam-pinjamkan? Hehehe. Saya jadi ingat lagi, memang dulu sering sekali anak-anak masuk ke ruangan saya atau berteriak-teriak kalau saya sedang tidak di dalam ruangan saya, untuk meminjam gunting kuku. Dan saya hanya menjawab singkat,

Di laciiii….!

Jadi seluruh kantor itu kalau mau meminjam gunting kuku, sudah tahu tempatnya. Hehe. Atau tepatnya, sudah tahu harus datang kepada siapa. Oh.. hingga ketika saya tidak lagi ada disana, mereka sangat merindukan saya, atau tepatnya merindukan gunting kuku saya. Hahaha. Nggak masalah. Buat saya, paling tidak ada kesan yang tertinggal disana, selepas saya pergi. Dan cukup mengagumkan saja, kalau kesan itu ditimbulkan oleh hanya karena satu benda sekecil dan sesederhana itu doang!

So, never underestimate every little thing we do, folks! To you, maybe it’s nothing. But to others, it could means something…

8 comments so far

  1. iphan on

    jadi dapet julukan tuan gunting kuku kah? *teringat guru agama islam waktu SMP yang bawa guntingan kuku setiap hari jumat*

  2. ryudeka on

    Enggak si, Phan. Tetep “Mas Ganteng” julukannya… *kaburr*

  3. yessymuchtar on

    Oalahhhh…..

    berarti selama ini yessy punya kebiasaan naro body lotion dan gel pembersih tangan di meja *dan jadi milik bersama karena semua orang jadi bisa menggunakannya* bakal di inget orang ya?

    Terus kalo yessy suka naro foto foto di meja *yang banyak banget itu* orang orang bakalan kangen juga gak ya? kali aja gituuu…bosen liat meja orang yang kosong dan gak se RAME meja Yessy..*halah gak penting banget si Yesss*

    Nah sekarang…untuk membuktikannya..Yessy mesti cepet cepet cari kerjaan baru dan pindah dari sini…*ouuwwwwcchhhh*

  4. Nurkeren on

    Mas deka…
    Emang ud g d radio female lagi y?
    pindah kemana?kok q denger-denger y?

  5. ryudeka on

    *Yesssy :
    Tergantung. Kalo kamu naro body lotion dan pembersih tangan itu untuk tujuan komersil,alias disuruh mbayar tiap kali ada yang minta, mungkin kamu akan dikenang juga..Coba deh!

    *Nurkeren :
    Aduh.. saya sudah sejak November ada di radio JogjaFamily, mbak. 100,9FM. Dengerin deh, pasti ga ada suara saya. Lha wong masih lagu-lagu doang…kakakak

  6. Nurkeren on

    Mas deka,panggil aja q Nur jgn pake mba cz kesanny q lbh tua dr mas deka padahal khan mas deka lebih sepuh dr q * he..becanda dikit*
    OK deh radio jogja family bakal masuk list radio channel di hape q*denger2 itu cabangny swaragama y?wah ketemu mas boni dunk?just like the old time waktu di prambors y?*

    Khan q tunggu sampai suaramu mengudara dan membahana d jagad jogja lewat radio jogja family-ny mas deka.Semangat!

  7. mogstony on

    hehehe kecil tpi bener2 membuat kalang kabut..dan harus menulis d status YM “Mas Deka Mana Gunting Kuku Mu”…bener2 merasa tidak nyaman ketiak meliat kuku kotor dan panjang g karuan..orang pinter ini g bsa mikir tanpa memotong kuku…kekekeke sekali lagi Kamu taruh Mana Gunting Kuku MU Mas Deka!!!!!

  8. ryudeka on

    Tentu saja aku taruh gunting kuku-ku di laci meja kantorku yang baru…

    Hahahahha…


Leave a comment