Block!

Siang itu, saya turun ke lantai 2 kantor saya, lantai dimana disitulah bercokol anak-anak program dan produksi. Dan agak terkesima juga sih, kok tumben-tumbennya siang itu suasananya terlihat ramai dan hangat, dimana semua anak saling bercanda nggak jelas satu sama lain, cekikik sana-cekikik sini, saling ngeledek dan lain-lainnya. Pokoknya suasana siang itu betul-betul akrab sekali. Ini makanya kenapa saya bilang ‘tumben’. Bukannya biasanya kami tidak akrab, bukannya biasanya kami tidak pernah saling ledek. Bukan sama sekali. Tapi siang itu, suasananya betul-betul beda saja. Biasanya siang-siang setelah jam makan siang, suasananya cenderung tenang, semuanya langsung kembali ke mejanya masing-masing, dan mulai sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Ada apakah gerangan? Apakah mereka sedang mogok kerja?

Sebelum pertanyaan itu terjawab, mari kita flashback dulu ke hari sebelumnya. Sore itu, saya yang kebetulan lebih sering mejeng di ruang siaran di lantai 3, di BUZZ! oleh teman saya yang ada di lantai 2.

temansayaitu : Jang, lo lagi buka Facebook nggak diatas?
ryu.deka : Wah, tadi sih buka. Sekarang udah engga. Knapa?
temansayaitu : coba buka sebentar
temansayaitu: karena yang dibawah di block!
ryu.deka : Hehh?
temansayaitu : Iya. Kalo diatas tnyata bisa nyambung, gak usah ribut..
temansayaitu : ntar malah di block juga diatas
temansayaitu : hahahaha
ryu.deka: eh, sejak kapan????
ryu.deka: eh, iya nih. Diatas ga bisa juga!
temansayaitu : walah di block juga toh
temansayaitu : barusan ini
temansayaitu : stlh makan siang
ryu.deka: huahahahhahahaa….
temansayaitu : hahahahah
ryu.deka: dan ga ada yang bilang?
temansayaitu : gak ada
ryu.deka: tau2 ke blok?
temansayaitu : iya
temansayaitu : lo liat status anak2 di YM dong..
temansayaitu : rame banget
temansayaitu : hahahaha
ryu.deka: HUAHAHAHHAHAHAHHAHA
ryu.deka: HUAHAHHAHAHAHAHAHAHAHHA

Jadi sodara-sodara, hari itu dengan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, pihak manajemen kantor bikin surprise kepada seluruh karyawannya dengan tiba-tiba mem-block seluruh jaringan Facebook dan Friendster. Dan mungkin beberapa situs jejaring sosial lainnya. Entahlah, April Mop padahal sudah berminggu-minggu lalu lewatnya. Tapi ini kok baru sekarang bikin kejutannya. Suka telat deh… Hehehhee…

Ya seperti yang dilaporkan teman saya tadi itulah, makanya saya langsung cek dan ricek status teman-teman saya di YM, dan langsung cekikikan sendiri membacanya…

Huahh!! Apa-apaan ini??!!
Sekian dan teriimakasih..!
Selamat! FB secara resmi sudah di block!
Jembatan ke komunitas terputus!

Huwhahahaha… gileee yaaaa.. segitu pada sewotnya gak bisa Facebook-an. Ketika kemudian chatting saya dan mas ini dilanjutkan, kita sempat mengira-ngira, siapa sebenarnya yang punya ide untuk memblock Facebook ini dan mengapa? Kalau saya sih curiganya, ini sengaja dilakukan, karena dalam waktu dekat ini, perusahaan akan membagi-bagikan Blackberry gratis kepada karyawannya, bekerjasama dengan provider tertent, sehingga karyawan bisa kapanpun dan dimanapun membuka situs Facebook ini, dan tidak lagi perlu repot-repot buka Facebook di jam kerja.. ini mah ngarep namanya ya? Hahahha. Beda dengan dugaan teman saya itu.

temansayaitu : yang kena tuduh sekarang adalah salah seorang bos yang punya Blackberry pasti..
temansayaitu : hahahahah
ryu.deka: Hahahhahaha…. satu2nya tersangka… boss yang satunya aktif di Facebook soalnya hehehhee
temansayaitu : hahahaha
temansayaitu: mungkin yg satunya gak punya Facebook
temansayaitu : jadi dia agak iri dan nyruh ngeblock
temansayaitu: hahahahah
ryu.deka: itu the only reason……
temansayaitu : gak punya Facebook tapi punya Blackberry
temansayaitu: hahahahah
temansayaitu : gw mau nulis jadi status YM ah!
ryu.deka: HUAHAHHHAHAHAHA…
temansayaitu : “Mending punya BB tapi ga punya FB, atau punya FB tapi ga punya BB??”

Sableng!

Maap ya pak boss.. kalau kebetulan baca postingan ini, ini semua dalam nuansa bcandaaaa…. *khawatir ga jadi diikutsertakan dalam piknik ke Bali besok*

Kalian mungkin bertanya-tanya, saya menulis apa sebagai bentuk komentar saya terhadap fenomena unik ini? Hehehe. Sebagai orang yang paling demen bikin komentar-komentar menyakitkan *hehehhee*, herannya saya malah nggak ikutan berkomentar sama sekali lho. Sumpah! (saking pada nggak percayanya kan, kok bisa2nya saya nggak komentar!).

Pertama, karena mau di block atau enggak-pun, saya memang jarang mainan Facebook di kantor. Selain memang nggak terlalu hobi utak-atik Facebook, juga karena emang bisa connect kapan pun mau melalui Blackberry (huuuuuuuuuu…..). Hehehe. Jadi ya kaga ngefek apa2 ke saya. Kalau WordPress ini juga di block, naaah.. baru saya bisa bikin komentar yang tingkat kesadisannya bisa ngalah-ngalahin Cut Tari dan Indra Herlambang di Insert!

Kedua, mmm.. saya memang nggak komentar. Tapi hasrat usil saya tentu tetap tidak berhenti disitu saja. Diam-diam, saya mengirimkan pesan ke satu-persatu anak-anak kantor lainnya yang tidak menuliskan status di YMnya, untuk ikutan berpartisipasi bikin status di YM sebagai bentuk protes!

Eh..kok kamu adem2 aja ga ikutan komen? Nggak boleh gitu lho.. Kasian temen2 Facebook mu kalau kamu sampai absen ga update status… kamu mau dikira sombong?

Hihihi… saya memang diam, nggak ikutan bereaksi. Tapi ternyata dalam diam, saya tetap melancarkan serangan. Hehehe. Dasar provokator. Bentuk protes dalam damai yang mungkin juga diterapkan oleh salah datu divisi di kantor yang tiba-tiba sudah memajang poster ini di ruangannya…

image000

Hahahaha…

Ya ya ya, mari jujur saja pada diri sendiri. Siapa sih yang nggak doyan Facebook? Ditengah-tengah ribetnya pekerjaan kantor kita sehari-hari, ada kalanya kita butuh istirahat sejenak, dengan mainan Facebook, Plurk, Friendster, Twitter atau apapun lah itu namanya. Jusct checking update nya teman-teman yang suka ajaib2 dan tak penting itu, upload foto2 yang gak kalah gak pentingnya juga. Just for fun. Just for a while. Abis itu lanjut kerja lagi. Kayanya semua orang (yang di kantornya gak di block Facebooknya!) melakukannya deh. Dan sepertinya itu nggak jadi masalah. KECUALI kalau seharian di jam kantor kerjaannya maenan Facebook mulu sampai kaga beres kerjaannya! Apa bedanya coba dengan nge-game kaya Diner Dash atau Solitaire di komputer, misalnya? Ya toh? Apa nanti juga semua game di komputer dan laptop juga akan dihapus?

Tapi disisi lain, kayanya Facebook juga bisa bikin hubungan antarpersonal karyawan jadi terbatasi. Iya kan? Masing-masing sibuk dengan komputernya masing-masing, sibuk dengan Facebook nya masing-masing, sehingga interaksi di kehidupan normal jadi terbatas. Walau yang namanya kedekatan tetap ada, but still.. ada bedanya lah.

Buktinya, sejak Facebook diharamkan, anak-anak pada mulai sibuk berinteraksi dengan yang lain, dengan cara ngegangguin satu sama lain ketika salah satunya sudah mulai jenuh dalam bekerja.

Iya ih… Ga ada Facebook, semua jadi sering ngumpul gini euy… Hihihi…

Tapi ada juga yang kerjaannya jadi sering mondar-mandir ga jelas, saking bingungnya mau ngapain. Hahahaa…. Kalau itu ketauan, emang hidupnya sudah ketergantungan sama Facebook. Hehehe.

Selalu ada hikmah dalam sesuatu hal. Nah, untuk hal yang satu ini, silakan dicari sendiri-sendiri ya hikmahnya.. Hehehe. Kalau saya sih, saya melihat ini sebagai peluang usaha. Siapa tau nanti ada yang mau menyewa Blackberry saya buat Facebook-an? Hwahahahahaha…

8 comments so far

  1. yessymuchtar on

    Bwuhauhuahauhauhaua! ya ampun masnyaaaa..kok postingan kita sama sama bisa tentang fecebook siy!

    apakah ini ???
    apakah ini pertanda???

    Mas???

    *ah…aku tak sanggup meneruskannya…entar ada yang kirim komen kayak waktu itu lagih. hihihihi*

  2. hawe69 on

    “Mending punya BB tapi ga punya FB, atau punya FB tapi ga punya BB??”

    mending punya dua-duanya donk..

    btw, kupi gambar diatas yah.. buat di kantor gw juga.. hihihi

  3. dian on

    BB itu bukan bau badan kan??
    hihihi
    aduh, terus bagaimana masa depan jaringanmu mas, dengan terputusnya fb di kantor??
    eh, udah punya BB ding ya..

  4. Reva Liany Pane on

    Up date status salah satu temanku hari ini adalah : “Yaah…., hampir jam 9. Sebentar lagi waktunya akses FB di-block. Sampai ketemu besok pagi teman-teman!!”

    Hwahahaha…!!!

  5. ryudeka on

    @Yessy :
    Ah, enggak. Beda kok. Kamu tentang terbukanya akses FB, aku sebaliknya. TUh, beda kan? Jangan mengada2 deh.. *ga terima ada yang sama tema tulisannya* :p

    @Hawe:
    Ambil deh ambiiill…hehehe… anak2 itu pasti bangga sekali hasil karya mereka dikopi orang lain.. 😀

    @Dian :
    Akses FB dibuka lagi setelah jam kantor kok.. Makin mantab toh? Kantor ini akan tetap ramai setelah jam kantor.. hahaha..

    @Reva :
    Oh.. Kantor temanmu itu memblock akses FB setelah jam 9 malam?? Itu mah bukan ngeblock.. Kayanya matiin jaringan listrik.. hahaha

  6. just no one on

    Operator akhirnya mengakui, dari ratusan ribu perangkat BlackBerry yang beredar di Indonesia, 70% di antaranya merupakan perangkat ilegal yang masuk lewat pasar gelap alias black market (BM).

    Salah satu operator yang mengaku kewalahan dengan produk BM tersebut adalah Excelcomindo Pratama (XL)

  7. Alya Pravita on

    Aku juga jarang pake facebook sih, cuma untuk ngegame aja sama cari bahan newsletter AJe. Tapi begitu diblock harapan saya untuk fun punah sudah…hahahaha. Makin susah cari objek untuk diinterview…

    Sebenarnya ga masalah diblock FBnya. Yang bermasalah itu…semua peraturan atau batasan kerja kita itu tidak difloorkan terlebih dulu..semuanya berdasarkan privilege atasan…aneh…hehe

  8. Irni on

    wkwkwkwkwkwkwkwkwk… sumpah mas saya tertawa terbahak-bahak ngebacanya… maaf baru komentar, baru ngefollow nih, salam kenal aja deh… tapi pengalamanya lucu-lucu deh


Leave a Reply

